Senin, 04 Februari 2013

Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup

 IPA kelas IX

"Kelangsungan Hidup Makhluk hidup" 


Setiap Makhluk Hidup harus mampu beradaptasi dengan lingkungannya untuk menjaga kelangsungan hidupnya.
Ada tiga macam Adaptasi yitu :

1. Adaptasi Morfologi adalah penyeseuaina makhluk hidup melalui perubahan bentuk organ tubuh yang berlangsung sangat lama untuk kelangsungan hidupnya. Contohnya : Bentuk kaki unggas,Bentuk paruh unggas, Tumbuhan xerofit, Tumbuhan Higrofit, dan masih banyak lagi.

2. Adaptasi Fisiologi  adalah penyesuain diri makhluk hidup melalui fungsi kerja organ-organ tubuh supaya bisa bertahan hidup. Contohnya : Ikan air laut menghasilkan urine yang lebih pekat dibandingkan dengan ikan air tawar, Rayap dan Teredo navalis yang hidup di galangan kapal dapat mencerna kayu dengan bantuan enzim selulase yang terdapat didalam tubuhnya, Jumlah sel darah darah merah orang yang tinggal di pegunungan lebih tinggi dibandingkan orang yang tinggal di dataran rendah (hal ini untuk memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh, Mata manusia dapat menyesuaikan dengan intensitas cahaya yang diterimanya, Bau yang khas pada bunga dapat mengundang datangnya serangga untuk membantu penyerbukan, dan masih banyak lagi.

3. Adaptasi Tingkah Laku adalah penyesuain diri makhluk hidup terhadap lingkungan dengan mengubah tingkah laku supaya dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Cotohnya : Cecak dan kadal memutuskan ekornya saat terancam musuh tau pemangsa, Paus dan lumba-lumba muncul ke permukaan air ketika mengambil oksigen untuk pernafasannya, dan masih banyak lagi.


SELEKSI ALAM
Seleksi alam adalah proses alam yang dapat memilih organisme yang mampu bertahan hidup atau tidak dapat bertahan hidup di alam. Oraginsme yang berhasil lolos dari seleksi alam akan mampu bertahan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar